Apa itu GIF serta Kelebihan & Kekurangan

Pengertian GIF

Apakah Anda sering melihat gambar bergerak di website atau media sosial? Gambar ini umumnya menggunakan format .gif sehingga disebut gambar bergerak. Orang-orang menyukainya, dan GIF ada dimana-mana. Apa itu GIF? Bagaimana membukanya?

GIF pertamakali diciptakan pada tahun 1987. Sejak saat itu format ini sangat populer di seluruh website. Tapi, Apa itu GIF dan apa bedanya dengan format gambar yang lain?

Apa itu GIF?

Ilustrasi GIF
GIF. (IST)

GIF atau Graphic Interchange Format, merupakan salah satu format gambar seperti .jpg atau .png yang menggunakan ekstensi .gif. Format ini dapat digunakan untuk membuat gambar Animasi.

GIF dapat mencakup maksimum 256 warna. Karena menggunakan sedikit warna, ia memiliki kompresi gambar rendah (low-resolution). Hal ini berpengaruh pada ukuran yang lebih rendah, biasanya hanya beberapa kilobytes.

Aspek penting dari format ini adalah bahwa mereka menggunakan algoritma kompresi lossless yang tidak menurunkan kualitas gambar.

Fungsi

Berikut adalah beberapa alasan untuk menggunakan gambar tipe ini.

  • Ekspresi : Orang menggunakannya untuk menyampaikan pesan yang jelas. Baik itu melalui media sosial atau aplikasi pesan populer, orang-orang membagikannya untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, atau emosi mereka.
  • Strategi Pemasaran: Banyak bisnis menggunakan gambar jenis ini sebagai alat pemasaran yang ampuh, baik untuk meningkatkan kesadaran merek atau memamerkan produk.
  • Animasi Tutorial: Cara populer lainnya untuk menggunakannya adalah menjelaskan proses atau cara. Terkadang lebih mudah menjelaskan sesuatu dengan gambar daripada kata-kata, dan format gambar ini dapat melakukannya dengan baik.
  • Iklan: Pengiklan menggunakannya animasi untuk memutar iklan. Dan terkadang orang akan berinteraksi dengan mereka dan membagikannya tanpa mengetahui bahwa itu adalah iklan.
  • Visualisasikan Data: Perusahaan media dan institusi akademis sering menggunakannya untuk membandingkan dan menganimasikan data. Contoh tipikal akan menunjukkan peningkatan populasi suatu negara selama waktu tertentu.

Kelebihan & Kekurangan

Tipe gambar ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini Anda akan menemukan yang utama.

Kelebihan

  • Ukuran File Kecil: Salah satu keunggulan utamanya adalah ukuran file, yang relatif lebih kecil daripada format file lainnya. Ukuran yang lebih kecil dapat bermanfaat di web, karena akan memuat lebih cepat tanpa memengaruhi kinerja situs web.
  • Transparansi bit tunggal: Kelebihan lain dari format ini adalah mendukung transparansi. Ini akan sangat berguna saat mendesain situs web yang menggunakan latar belakang kompleks, menjaga halaman tetap bersih dan profesional.

Kekurangan

  • Palet Warna Terbatas: Salah satu kelemahan utama GIF adalah pola warnanya yang terbatas; mereka hanya dapat memiliki hingga 256 warna. Batasan ini membuat gambar berkualitas rendah, terutama pada gambar yang aslinya memiliki jutaan warna.
  • Pengeditan memerlukan software khusus: Kelemahan besar lainnya adalah Anda tidak dapat mengeditnya seperti yang Anda bisa untuk gambar di ponsel atau komputer. Untuk tujuan itu, Anda memerlukan perangkat lunak pengedit seperti Photoshop atau editor online populer, EZgif.com.

Perbedaan antara JPEG dan GIF

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, GIF bukanlah satu-satunya cara untuk menyimpan gambar. Ada format file gambar lain yang sangat umum di web, dan itu JPEG. Jadi apa perbedaan antara JPEG dan GIF, dan mengapa Anda harus memilih salah satu dari yang lain?

Tidak seperti GIF, JPEG tidak mendukung penyimpanan banyak file gambar, yang merupakan perbedaan paling jelas di antara keduanya. Selain itu, JPEG menggunakan kompresi lossy, sedangkan tipe ini menggunakan algoritma kompresi lossless.

Tipe gambar ini juga mendukung transparansi dalam gambar, tidak demikian halnya dengan JPEG. Meskipun gambar ini menggunakan kompresi lossless, tetapi hanya dapat menyimpan 256 warna, dibandingkan dengan JPEG yang mendukung jutaan warna. Inilah sebabnya mengapa JPEG biasanya digunakan untuk menyimpan foto digital, dan GIF digunakan untuk desain / pemasaran logo.

Bagaimana membuka file tipe GIF?

Jenis gambar ini tidak seperti format file lainnya, memerlukan cara decoding tertentu, tetapi sebagian besar browser web (Chrome, Safari, Firefox, Internet Explorer, dll.) dilengkapi dengan dukungan GIF. Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik dua kali pada file tersebut, dan browser web Anda akan terbuka dan memutar file gambar tanpa batas.

Untuk perangkat lunak pengedit foto seperti Adobe Photoshop, akan membuka file ini tetapi tidak dengan cara Anda melihatnya. Ini akan menampilkan bingkai yang disematkan dalam file, yang bagus untuk tujuan pengeditan.

Anda dapat menggunakan Foto Microsoft Windows di PC Windows dan Pratinjau Apple di komputer macOS untuk membuka file ini. Perangkat Android dapat menggunakan Google Drive untuk membuka file ini, dan perangkat seluler lainnya dapat menggunakan aplikasi penampil foto masing-masing untuk membukanya.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuat GIF Terbaik

Bagaimana cara membuat GIF?

Sekarang setelah mengetahui pengertian dan bagaimana cara membukanya, Anda mungkin ingin membuat animasi Anda sendiri. Untungnya, ada banyak aplikasi pembuat GIF yang tersedia yang memungkinkan Anda membuat gambar ini seperti Gifycat, atau GIPHY. Untuk panduan ini, kami akan menggunakan GIPHY.

Membuat tipe gambar ini jauh lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Jika Anda pernah melihat GIF online, kemungkinan besar dibuat atau diunduh dari GIPHY.com, yang merupakan perpustakaan animasi terbesar di dunia. Ini memungkinkan kita membuat gambar bergerak dari file video, tautan YouTube, dan foto.

Untuk membuat jenis gambar ini menggunakan GIPHY, pertama buka GIPHY.com dan klik tombol Buat di kanan atas layar. Seret dan lepas file video, atau masukkan URL video dari YouTube, Vimeo, yang ingin Anda ubah menjadi GIF. Selanjutnya, potong video Anda menjadi berdurasi pendek sekitar 2 hingga 5 detik. Anda juga dapat sedikit membumbui dengan menambahkan keterangan, stiker, atau gambar ke GIF Anda.

BACA JUGA: Cara Bikin GIF di Aplikasi PicsArt

Jika Anda mencari kontrol yang lebih baik , sebaiknya gunakan perangkat lunak pengedit foto, seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau Corel Draw. Anda akan memiliki lebih banyak opsi seperti membuat ilustrasi khusus, memotong, memanipulasi warna, dll.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan